Mengenal Sisi Cantik Bibit Bunga Anyelir

Bunga Anyelir

Mungkin Anda sudah seringkali melihat bunga mawar dengan segala warna, lalu bagaimana dengan bunga anyelir? Sebenarnya selain bunga mawar, ada satu bunga lagi yang memiliki sisi cantik dan unik serupa dengan bunga mawar. Bunga ini yaitu bunga anyelir. Pesona kecantikan yang tiada duanya bisa Anda saksikan dari bunga anyelir.

Baca Juga: Madu Penyubur Kandungan

Bunga anyelir atau yang biasa disebut dengan carnation ini merupakan sebuah bunga cantik yang memiliki banyak arti dan memiliki daya tarik tersendiri sebagai salah satu jenis dari tanaman hias. Lantas, apa saja yang menjadi daya tarik dari bunga anyelir atau carnation ini? Dan seperti apa pula bibit bunga anyelir? Berikut informasinya!

Daya Tarik Bunga Anyelir Dan Bibitnya

Bunga anyelir atau yang sering disebut sebagai carnation merupakan sebuah bunga yang sangat cantik dan biasanya digunakan sebagai tanaman hias. Bunga yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri dan bunga anyelir ini memiliki makna yang tidak kalah dengan bunga mawar. Anyelir merupakan sebuah bunga yang melambangkan cinta, kagum, hangat dan elegan.

Bunga anyelir memiliki nama ilmiah Dianthus Caryophyllus yang termasuk ke dalam famili Caryophyllaceae. Bunga ini berasal dari Mediterania. Bunga ini memiliki diameter sekitar 5 – 10 cm dengan ujung kelopak bunga bergerigi dan ada juga yang tidak bergerigi. Bunga anyelir memiliki kelopak yang saling berhubungan dengan dua putih dan 5 benang sari. Tanaman yang sangat populer sebagai tanaman hias di pekarangan rumah dan tanaman pot ini memang memiliki aneka warna yang bisa dipilih.

Di negara Spanyol sendiri bunga anyelir dipilih sebagai bunga nasional negara yang digunakan untuk hari spesial. Tanaman anyelir juga mampu menyamai populernya bunga mawar sehingga banyak juga orang yang suka menjual ragam bunga anyelir.

Dalam hal budidaya bunga anyelir, pada umumnya dilakukan di dalam green house agar terlindungi dari angin, perubahan suhu, terik matahari, curah hujan yang berlebihan, hama tanaman seperti layu fusarium, tungau merah dan kutu daun yang akan sangat mengganggu pertumbuhan anyelir. Selain memperhatikan hama bunga anyelir, Anda juga perlu perhatian kepada tingkat kelembaban yang dibutuhkan karena tingkat kelembaban bunga anyelir yang terlalu tinggi dapat membuat bunga anyelir busuk dan mati.

Bagi Anda yang tertarik untuk membudidayakan bunga anyelir, Anda bisa semai bibit bunga anyelir di media yang sesuai kemudian beri nutrisi yang diperlukan. Setelah dirasa cukup, Anda bisa memindahkan anyelir ke media lain dengan perlakuan khusus dan memberikan perawatan seperti pemberian pupuk yang mengandung nutrisi yang diperlukan. Pemotongan bagian tertentu harus dijaga dan suhunya juga harus dijaga karena jika terlalu panas dapat menyebabkan bunga anyelir jadi layu dan bibit bunga anyelir tidak bisa berkembang dan tumbuh dengan maksimal.

Baca Juga: Anggrek Bulan Putih

Demikian sedikit informasi yang bisa kami berikan. Semoga informasi diatas mengenai Daya Tarik Bunga Anyelir Dan Bibitnya bermanfaat. Selamat mencoba menanam bibit bunga anyelir dan dapatkan keindahannya.