Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh

Antioksidan adalah zat esensial yang dibutuhkan oleh kulit dan tubuh. Efek paparan sinar matahari pada kerusakan kulit, diperantarai oleh peningkatan radikal bebas. Pada orang muda dan sehat, radikal bebas bukan masalah serius. Tubuh mereka masih dapat menghasilkan antioksidan, yang bertugas menangkal radikal bebas dan mencegah timbulnya stress oksidatif. Pada orang berusia tua, radikal bebas yang tinggi bisa menjadi masalah. Karena itu dibutuhkan tambahan antioksidan dari luar tubuh.

Baca Juga: Jasa Penulis Artikel

Antioksidan adalah molekul yang bekerja di kulit untuk menurunkan radikal bebas atau ROS, yang dihasilkan ultraviolet dan dapat menyebabkan pemecahan kolagen. Saat ini, banyak produk perawatan kulit, bak yang diminum maupun yang dengan cara dioleskan yang menambahkan antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat memberikan efek antiaging, dengan mencegah dan bahkan membalikkan kerusakan karena paparan sinar matahari.

Anti oksidan benar-benar memiliki manfaat yang sangat penting terhadap kesehatan tubuh, antioksidan akan mencegah beragam virus dan bakteri yang coba masuk ke dalam tubuh melalui sistem kekebalan tubuh. Selain itu antioksidan juga berperan penting dalam mengatasi dan mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh, sehingga bisa dikatakan bahwa antiksidan merupakan sistem proteksi tubuh paling penting fungsinya.

Antioksidan bisa di dapat dari berbagai makanan yang kita konsumsi seperi sayuran, buah dan lain sebagainya. Pada dasarnya radikal bebeas dan bakteri penyebab penyakit bisa kapan saja masuk ke dalam tubuh dan memicu penyakit, namun dengan adanya antioksidan yang merupakan zat yang bertugas melindungi tubuh dan sel-sel di dalam tubuh dari berbagai ancaman kesehatan. Orang yang cenderung tidak memiliki kadar antioksidan cukup di dalam tubuhnya, mereka lebih mudah terserang penyakit akibat sistem imum tank mampu menahan dan mengusir ganasnya virus penyebab penyakit tersebut. Itulah mengapa kita sangat di anjurkan melengkapi kebutuhan zat antioksidan dalam tubuh setiap harinya. Selain itu, masih banyak fungsi lain dari antioksidan, dan berikut beberapa fungsi antioksidan yang harus kita ketahui.

  • Menangkal radikal bebas
  • Mencegah berbagai gangguan penyakit
  • Mencegah penuaan dini
  • Mecegah kerusakan sel
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Dll.

Selain beberapa fungsi di atas, ternyata masih ada banyak lagi fungsi dari antioksidan ini di dalam tubuh, seperti misalnya  koenzim Q10 yang merupakan zat yang memiliki aktivitas antioksidan yang besar. Zat ini menurunkan kekasaran kulit, meningkatkan hidrasi kulit, menurunkan garis-garis halus dan mempernaiki parameter perbaikan kulit, yang mengalami photoaging. VItamin C topikal 5% yang digunakan selama 6 bulan, dapat memberikan perbaikan klinis pada penampilan kulit yang mengalami photoaging berkenaan dengan kekerasan, kehalusan dan kekeringan dibandingkan dengan placebo. Vitamin C topikal menstimulasi aktivitas menghasilkan kolagen dari dermis.

Mengenai antioksidan dan vitamin C, sebaiknya tidak diberikan sendiri. Perlu kombinasi antara vitamin E dan C secara bersamaan karena keduannya dapat bekerja secara sinergis sebagai antioksidan. Dan lebih baik agar vitamin C tidak diberikan dalam dosis tinggi sebab dapat membebani kerja ginjal. Dosis yang sesuai untuk vitamin C adalah 500 mg.

Baca Juga: Gejala Kanker Kulit

Adapun sumber antioksidan yang sebaiknya menjadi menu makanan kita setiap hari adalah Buah jeruk, apel, teh hijau, sayuran hijau, wortel dan lain sebagainya. Di dalam makanan-makanan tersebut terkandung antioksidan tinggi yang mampu melengkapi asupan yang dibutuhkan tubuh. Sehingga mengonsumsi makanan ini setiap hari sangat dianjurkan agar kadar antioksidan di dalam tubuh kita tetap normal dan terhindar dari beragam gangguan penyakit. Jadi sebaiknya, selain melengkapi kebutuhan antioksidan dalam tubuh, kita juga dituntut harus memberikan asupan makanan bergizi setiap hari agar kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh tetap terpenuhi setiap hari.